Apa Perbedaan SEM dengan SEO? Mana yang Lebih Efisien?
7:30 AM
Add Comment
Bagi pemula di dunia blogging dan website, mengetahui
tentang apa perbedaan SEM dengan SEO adalah hal penting. Mengapa? Karena kedua
hal ini sebenarnya saling berkaitan bahkan tak dipisahkan satu sama lain. Baik
SEM ataupun SEO, keduanya memiliki peranan dalam meningkatkan popularitas
website.
Lantas, apa yang membedakan keduanya?
Daripada Anda penasaran, simak ulasan kami berikut ini.
Search Engine Optimization (SEO)
Bagi praktisi SEO, tentu sudah sangat familiar dengan upaya
optimasi website yang satu ini. Benar, kan?
Untuk definisinya, secara singkat SEO atau Search Engine
Optimization merupakan langkah optimasi website dengan cara menulis, merancang,
coding html serta pemrograman lainnya dengan tujuan meningkatkan peringkat
situs pada mesin pencari. Hal ini karena apabila sebuah website masuk dalam
peringkat teratas atau halaman pertama mesin pencari, maka otomatis akan
semakin banyak pula pengunjung yang mampir ke website tersebut.
SEO sendiri dapat dikategorikan menjadi dua yakni On Page
SEO dan Off Page SEO. Perbedaan keduanya terletak pada langkah optimasi yang
dilakukan.
On Page SEO merupakan upaya optimasi website dengan
memanfaatkan beberapa unsur seperti keyword, judul laman, dan sebagainya. Bagi
para pemula di bidang SEO, biasanya mereka akan menggunakan langkah On Page
SEO.
Sedangkan Off Page SEO adalah upaya optimasi website yang
dilakukan dengan menggunakan beragam cara di luar website itu sendiri. Adapun
beberapa cara yang dapat dilakukan adalah membangun link, menyebarkan backlink,
blog walking, dan lain sebagainya. Cara ini juga terbukti ampuh untuk mendukung
optimasi On Page SEO.
Search Engine Marketing (SEM)
Setelah mengetahui tentang SEO, untuk memahami apa perbedaan
SEM dengan SEO, tentunya Anda juga harus memahami SEM.
SEM merupakan teknik pemasaran yang tujuannya adalah
mempromosikan sebuah website pada halaman teratas mesin pencari. Sebagai
layanan periklanan, tentu saja Anda harus mengeluarkan uang kala menggunakan
SEM untuk mempromosikan website Anda.
Jika Anda masih bingung tentang apa itu SEM, contoh
sederhananya adalah seperti ini. Bukalah mesin pencari dan masukkan keyword
‘hardcase smartphone’. Pada hasil pencarian posisi teratas akan muncul sebuah
laman yang terdapat tulisan ‘Ads’ di bawahnya.
Nah, itu dia contoh dari website yang menggunakan Search
Engine Marketing.
Sebagai informasi, SEM juga sangat berkaitan dengan Google
AdWords, yang sama-sama merupakan jasa periklanan.
Lantas bagaimana sistem pembayaran SEM?
Untuk SEM, ada dua pilihan sistem pembayaran yang dapat Anda
pilih yakni dengan PPC (Pay Per Click) atau PPI (Pay Per Impression). Perbedaan
dari kedua sistem pembayaran ini terletak pada jumlah tayangan iklan serta
jumlah klik halaman iklan yang ditayangkan tersebut.
Misalnya untuk PPC, besaran pembayarannya ditentukan oleh
seberapa banyak iklan yang tampil pada hasil pencarian diklik oleh pengunjung.
Semakin banyak iklan diklik, maka akan semakin besar pula biayanya.
Sedangkan untuk PPI, besaran biaya yang dibutuhkan
tergantung dari seberapa banyak tayangan iklan tersebut.
Perbedaan Antara Search Engine Marketing dan Search Engine Optimization
Kini Anda telah memahami dengan jelas tentang SEM serta SEO.
Lantas apa perbedaan SEM dengan SEO?
Jika dilihat dari penjelasan di atas, dapat ditarik sebuah
kesimpulan bahwa perbedaan keduanya adalah sebagai berikut:
1. Efisiensi Waktu
Perbedaan yang paling mencolok dari SEM dan SEO adalah
efisiensi waktu. Seperti yang kita tahu bahwa langkah optimasi website dengan
SEO cenderung membutuhkan waktu yang relatif lebih lama. Hal ini karena untuk
meningkatkan popularitas website, dibutuhkan trafik pengunjung organik yang
tinggi.
Tak hanya itu saja, agar optimasi website dengan SEO
berjalan maksimal, pengelola website pun harus menghabiskan banyak waktu untuk
memperbaiki kinerja SEO.
Sedangkan pada SEM, efisiensi waktu sangat terasa karena
pengelola website hanya perlu memasang iklan agar dapat tampil pada laman
teratas mesin pencari dengan keyword tertentu. Dengan langkah ini, tak menutup
kemungkinan jumlah trafik pengunjung website akan bertambah dengan pesat.
2. Biaya yang Diperlukan
Nah, perbedaan selanjutnya adalah mengenai biaya yang
dibutuhkan. Untuk SEO, tentu saja biayanya gratis karena pengelola website tak
perlu mengeluarkan biaya sedikit pun dalam promosi. Sebaliknya, SEM membutuhkan
biaya periklanan yang tentunya tak sedikit.
Nah, itu dia ulasan sedikit ulasan tentang apa perbedaan SEM
dengan SEO.
0 Response to "Apa Perbedaan SEM dengan SEO? Mana yang Lebih Efisien?"
Post a Comment
Berkomentarlah yang baik dan sopan. Komentar SPAM akan di hapus. Tema berkomentar bebas tapi utamakan berkomentarlah sesuai postingan dan tentang template ini.