4 Cara Beriklan di Google AdWords yang Harus Dilakukan
8:36 PM
Add Comment
Memahami cara beriklan di Google AdWords tentu sangat
penting untuk Anda yang berencana memasang iklan pada layanan periklanan milik
Google ini. Ya, seperti yang kita tahu, Google menjadi salah satu tempat paling
tepat untuk memuat iklan yang Anda miliki. Dengan memanfaatkan keyword yang
dimasukkan pada mesin pencari, Google secara otomatis akan memunculkan iklan
yang sesuai dengan keyword tersebut.
Untuk pemasangan iklan di Google AdWords, Anda dapat memilih
hendak memasang iklan dalam bentuk tulisan ataupun gambar. Jika Anda pandai
dalam menyusun kata persuasif pada iklan, maka iklan berbentuk tulisan sangat
direkomendasikan untuk Anda.
Sebagai layanan periklanan yang sangat terkenal, pada
kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang cara beriklan di Google AdWords.
Langkah Daftar Akun Google AdWords
Sebelum Anda beriklan pada Google AdWords, tentu saja Anda
harus memiliki akun Google AdWords terlebih dahulu. Syarat utama yang harus
dipenuhi adalah Anda wajib memiliki akun Gmail. Jika masih belum memilikinya,
silahkan buat akun Gmail terlebih dahulu.
Setelah memiliki akun Gmail, silahkan ikuti langkah-langkah
mendaftarkan diri di Google AdWords berikut ini:
- Masuk ke halaman resmi Google AdWords. Pada halaman ini, carilah tulisan ‘Start Now’ yang biasanya terletak pada bagian pojok kiri bawah situs.
- Setelah itu, akan ada dua buah kolom yang harus diisi dengan data Anda. Pertama adalah kolom email dan yang kedua adalah kolom nama website Anda. Isikan dengan data yang benar.
- Selanjutnya ada beberapa data lagi yang perlu diisikan pada laman berikutnya. Adapun data-data tersebut adalah nama akun email, negara, zona waktu, dan mata uang yang digunakan untuk pembayaran jasa periklanan di Google AdWords. Setelah mengisikan semua data tersebut, klik ‘Save and continue’.
- Anda akan diminta untuk masuk ke akun gmail yang telah Anda masukkan dalam form sebelumnya. Masukkan saja username serta password akun gmail Anda.
- Tunggu beberapa saat hingga Google mengonfirmasi akun serta website yang telah Anda daftarkan. Dan selesai sudah.
Apabila Anda telah memiliki akun Google AdWords, di sini
Anda dapat melakukan sebuah riset keyword dalam rangka optimasi SEO website
Anda. Adapun cara riset keyword dengan Keyword Planner melalui Google AdWords
cukup mudah dilakukan.
Anda hanya perlu klik menu ‘Tools’ dan masuk pada submenu
‘Keyword Planner’.
Tips Memasang Iklan di Google AdWords
Nah, setelah memiliki akun Google AdWords, ada beberapa tips
yang tentunya perlu diperhatikan kala beriklan di Google AdWords. Apa sajakah
tips tersebut?
1. Memperhatikan Relevansi
Tips pertama yang perlu diperhatikan adalah dengan melihat
relevansi iklan agar sesuai dengan pasar atau sasaran pengunjung yang Anda
inginkan. Dalam tips ini, harus terdapat relevansi antara landing page, isi
teks, adgroup, hingga keyword yang ditargetkan. Dengan begitu, maka iklan yang
nantinya Anda pasang pada Google AdWords dapat sesuai target.
2. Informasi yang Tepat Sasaran
Iklan merupakan jendela pertama yang berfungsi memberikan informasi
kepada calon pembeli. Dengan begitu, maka sangat ditekankan agar tulisan yang
Anda pasang pada iklan benar-benar informatif, singkat, padat, dan tidak
membingungkan. Misalnya pada teks iklan, tulislah informasi penting saja, hal
unik dari produk yang Anda pasarkan, serta keunggulannya.
3. Iklan yang Persuasif
Sebuah iklan yang berkualitas adalah iklan yang memiliki
pesan persuasif atau yang juga biasa disebut call to action. Dalam arti bahwa
saat pengunjung mengklik sebuah iklan, maka mereka akan tertarik untuk
melakukan langkah berikutnya yakni membeli barang yang dilihat.
Inilah mengapa Anda harus benar-benar memahami cara
mengaplikasikan tulisan yang persuasif, unik, dan informatif.
Adapun contoh sebuah kata-kata iklan persuasif adalah
‘smartphone murah, gratis ongkos kirim hanya untuk hari ini saja’.
4. Lakukan Rotasi Iklan
Adapun tips dan cara beriklan di Google AdWords selanjutnya
adalah dengan melakukan rotasi iklan. Jadi maksudnya Anda dapat memasang
beberapa iklan dalam satu waktu. Setelah itu, lakukan pengamatan terhadap
performa masing-masing iklan yang Anda pasang.
Lihatlah iklan yang lebih banyak menarik pengunjung dan
dapat menghasilkan konversi penjualan. Sedangkan untuk iklan yang memiliki
performa kurang bagus, Anda dapat menggantinya atau melakukan ‘pause’ terhadap
iklan tersebut.
Ya, itu dia beberapa tips dan cara beriklan di Google
AdWords yang harus Anda pahami, semoga bermanfaat.
0 Response to "4 Cara Beriklan di Google AdWords yang Harus Dilakukan"
Post a Comment
Berkomentarlah yang baik dan sopan. Komentar SPAM akan di hapus. Tema berkomentar bebas tapi utamakan berkomentarlah sesuai postingan dan tentang template ini.