Apa Perbedaan SEM dengan FB Ads? Mana yang Lebih Efektif?
9:06 PM
Add Comment
Untuk Anda yang ingin mengiklankan website atau blog bisnis
online, tentu saja harus mengetahui apa perbedaan SEM dengan FB Ads. Hal ini
karena apabila dilihat dari efisiensi, kedua jenis layanan periklanan ini
memang memiliki popularitas yang baik. Tak heran apabila seorang pemula di
dunia bisnis akan kebingungan apakah akan memilih layanan periklanan dengan SEM
(Search Engine Marketing) atau dengan Facebook Ads.
Dari pada penasaran, kami akan mengulasnya kedua jenis
layanan periklanan tersebut satu persatu. Dengan begitu, maka Anda akan semakin
paham serta dapat menentukan akan memilih salah satu layanan periklanan
tersebut atau bahkan menggunakan keduanya sekaligus.
Tentang Search Engine Marketing dan Cara Kerjanya
Dalam ulasan tentang apa perbedaan SEM dengan FB ads akan
diawali dengan mengulas apa itu SEM serta bagaimana cara kerjanya.
Pada awalnya, para pengelola website hanya mengetahui bahwa
satu-satunya cara untuk optimasi website pada mesin pencari adalah dengan
teknik SEO (Search Engine Optimization). Namun dengan ketatnya persaingan SEO
pada mesin pencari, kemudian muncul sebuah cara yang sangat jitu untuk
mempromosikan website, yakni dengan SEM.
Seperti namanya, SEM atau Search Engine Marketing merupakan
teknik yang digunakan untuk mempromosikan produk atau jasa melalui mesin
pencari. Apabila dibandingkan dengan teknik SEO, tentu saja SEM dapat dengan
cepat mendatangkan trafik pengunjung dan nantinya akan membuat popularitas
website menjadi lebih baik di mata mesin pencari.
Sistem Kerja SEM
Ya, meskipun SEM merupakan cara tercepat untuk meningkatkan
popularitas website, namun pengguna jasa periklanan harus mengeluarkan biaya
yang tentunya tak sedikit. Adapun iklan itu nantinya dapat muncul pada hasil
teratas mesin pencari.
Misalnya ketika seseorang memasukkan keyword ‘casing
smartphone’, maka pada hasil teratas akan muncul iklan website yang menjual
produk serupa. Untuk sistem kerja SEM, terdapat dua jenis sistem kerja yang
diterapkan yakni PPC dan PPI.
PPC atau Pay Per Click merupakan sistem dimana pemesan jasa
periklanan membayar sesuai dengan jumlah klik iklan tersebut oleh pengunjung.
Pada umumnya, setiap hari ditentukan berapa pengeluaran saldonya.
Sedangkan PPI atau Pay Per Impression merupakan sistem
dimana Anda harus membayar sesuai dengan berapa kali iklan pesanan ditayangkan
atau dilihat oleh pengunjung. Dengan kata lain, tanpa adanya klik pun Anda
tetap harus membayar. Untuk sistem PPI sendiri biasanya hanya dipasang pada
website atau blog yang telah memiliki ribuan pengunjung tiap harinya.
Kentungan Menggunakan SEM
Selain keuntungan berupa meningkatkan popularitas website
dengan cepat, Anda sebagai pembeli jasa periklanan pun dapat menentukan target
pengunjung yang dapat melihat iklan tersebut. Inilah yang membuat banyak
website bisnis online memilih SEM.
Tak hanya itu saja, kini semua mesin pencari juga telah
menyediakan layanan SEM mulai seperti Bing Ads, Google AdWords, dan masih
banyak lagi lainnya. Dengan begitu, Anda dapat memilih mesin pencari mana yang
lebih banyak mendatangkan pengunjung ke website Anda.
Mengenal tentang Facebook Ads
Nah, setelah mengetahui sekilas tentang SEM, kini saatnya
kami mengulas tentang Facebook Ads. Hal ini bertujuan agar nantinya Anda dapat
menemukan apa perbedaan SEM dengan FB Ads.
Seperti namanya, FB Ads merupakan layanan periklanan yang
disediakan oleh media sosial Facebook. Sebagai salah satu media sosial yang
memiliki jutaan pengguna, tentu saja beriklan di Facebook dapat menjadi alternatif
tepat bagi Anda yang ingin mempromosikan sebuah produk atau saja.
Sistem Kerja FB Ads
Apabila pada SEM sistem pembayaran yang diterapkan adalah
PPC dan PPI/CPM, maka FB Ads berbeda. Pada layanan periklanan yang satu ini
pengguna layanan dapat menentukan berapa anggaran yang dimiliki untuk
menayangkan sebuah iklan.
Anda dapat memilih anggaran harian atau bahkan anggaran
total Anda untuk penayangan iklan. Selain itu, pengguna juga dapat menentukan
berapa lama iklan tersebut akan ditampilkan pada beranda Facebook.
Apabila dilihat dari sistem kerjanya, FB Ads terbilang lebih
simple apabila dibandingkan dengan SEM.
Tak hanya itu saja, apabila pada umumnya SEM hanya
menayangkan iklan dalam format gambar atau teks, maka FB Ads berbeda. Pengguna
layanan periklanan ini dapat memilih beberapa format penayangan iklan mulai
dari gambar/foto, video, canvas, hingga tayangan slide yang berisi banyak
gambar.
Keuntungan Menggunakan FB Ads
Ya, seperti halnya SEM, FB Ads pun dapat digunakan untuk
menetapkan pemirsa atau pasar yang dapat melihat iklan tersebut. Pada FB Ads,
Anda dapat membidik pasar tertentu atau pengguna Facebook dengan range tertentu
sehingga hasilnya tentu akan lebih efisien.
Setidaknya itulah sedikit ulasan yang menjelaskan tentang apa
perbedaan SEM dengan FB Ads, semoga bermanfaat.
0 Response to "Apa Perbedaan SEM dengan FB Ads? Mana yang Lebih Efektif?"
Post a Comment
Berkomentarlah yang baik dan sopan. Komentar SPAM akan di hapus. Tema berkomentar bebas tapi utamakan berkomentarlah sesuai postingan dan tentang template ini.