Apa itu Search Engine Marketing? Inilah Ulasan Lengkapnya
7:00 AM
Add Comment
Apa itu Search Engine Marketing (SEM)? Lantas apa yang
membedakan SEM dengan Search Engine Optimization (SEO)? Ya, mungkin pertanyaan
itulah yang sering muncul di benak Anda yang baru mendalami dunia blogging.
Apabila Anda memiliki sebuah website atau bisnis online yang
telah dioptimasi dengan SEO, maka ada teknik lain yang juga harus diterapkan,
yakni SEM.
Search Engine Marketing merupakan sebuah teknik pemasaran
produk (pada website bisnis) dengan cara membayar jasa layanan periklanan.
Iklan yang ditampilkan dapat berupa animasi, video, gambar, hingga tulisan.
Adapun salah satu layanan periklanan yang menggunakan SEM
adalah Google AdWords, yang akan menampilkan iklan Anda pada mesin pencari
Google dengan menggunakan kata kunci tertentu. Pada Google AdWords, biasanya
penempatan iklan terdapat pada bagian paling atas mesin pencari. Namun tak
sedikit juga iklan yang ditempatkan pada bagian kanan hasil pencarian.
Apabila Anda sering menggunakan mesin pencari saat hendak
membeli produk tertentu, tentu Anda akan menjumpai iklan pada bagian paling
atas hasil pencarian.
Untuk itulah SEM hadir sebagai sebuah terobosan dalam
membangun website berbasis bisnis online.
Hal ini karena pada umumnya,
membangun situs bisnis online hanya dengan mengandalkan SEO organik membutuhkan
waktu yang relatif lama. Adapun keuntungan yang dapat Anda peroleh dengan
menggunakan SEM adalah waktu yang dibutuhkan agar website Anda diketahui oleh
semua pengguna internet sangat singkat, bahkan 10 kali lebih cepat daripada
menggunakan SEO saja.
Meski demikian, menggunakan teknik SEM tentu saja
membutuhkan dana yang tak sedikit karena Anda harus membayar jasa layanan
periklanan baik dari Google AdWords ataupun jasa yang lainnya.
Dari sedikit penjelasan tentang apa itu search engine
marketing di atas, dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa teknik SEM memiliki
jangkaun lebih luas dibandingkan SEO. Ini karena teknik SEO digunakan untuk
optimasi website dalam hal pagerank serta jumlah pengunjung organik, sedangkan
SEM lebih cenderung pada penargetan dengan menggunakan mesin pencari melalui
iklan berbayar. Iklan tersebut berbentuk link yang akan bermuara ke website
kita.
Bagaimana Sistem Pembayaran Search Engine Marketing
Adapun sistem pembayaran yang diterapkan pada SEM secara
umum adalah menggunakan PPC (Pay Per Click) atau bahkan PPI (Pay Per
Impression).
Sebagai informasi, PPC merupakan sistem pembayaran iklan
dengan melihat banyaknya ‘click’ yang dilakukan oleh customer pada iklan tersebut.
Semakin banyak pengunjung yang melakukan ‘click’ pada iklan, maka akan semakin
besar pula biayanya. Sedangkan PPI merupakan sistem periklanan dengan melihat
berapa kali jumlah iklan tersebut dilihat oleh pengunjung.
Fungsi Search Engine Marketing
Setelah mengetahui tentang apa itu search engine marketing
dan bagaimana sistem pembayarannya, kini kami akan mengulas tentang fungsi SEM
itu sendiri.
Dilihat dari penjelasan di atas, maka fungsi dari SEM adalah
untuk meningkatkan trafik pengunjung sebuah laman website. Dengan banyaknya
pengunjung, maka secara otomatis popularitas website akan semakin baik pula di
mata mesin pencari.
Keunggulan dari teknik SEM adalah pengguna layanan ini dapat
sekaligus menargetkan pada pasar mana iklan akan ditampilkan. Dengan begitu
maka target customer sebuah produk pun dapat dipetakan dengan mudah.
Inilah alasan mengapa Anda juga harus menggunakan SEM
meskipun telah optimasi SEO. Ya, meskipun biaya yang harus dikeluarkan pun tak
sedikit. Jadi semua tergantung Anda ingin menggunakan SEM atau tidak.
Langkah Optimiasi Search Engine Marketing
Ada beberapa langkah optimasi SEM yang harus Anda perhatikan
agar semua teknik yang dijalankan dapat memberikan keuntungan baik untuk Anda
secara pribadi atau pada website yang Anda kelola. Apa saja langkah yang dapat
dilakukan? Berikut ulasannya.
Penentuan Keyword yang Tepat
Penentuan keyword atau kata kunci yang tepat menjadi salah
satu cara optimasi SEO dan SEM. Untuk itu, setidaknya Anda harus melakukan
riset keyword terlebih dahulu. Dengan riset keyword, maka Anda dapat menentukan
kira-kira kata kunci apa saja yang memiliki popularitas bagus pada mesin
pencari.
Penentuan Gambar atau Teks Iklan
Nah, ini juga menjadi salah satu hal yang penting dalam SEM.
Setidaknya Anda harus menentukan teks atau gambar utama yang nantinya dapat
menarik pengunjung untuk membeli produk tersebut. Jika bisa, buatlah pengunjung
penasaran dengan gambar atau teks iklan yang Anda pasang pada SEM.
Bidding Biaya Per-Click yang Tepat
Seperti yang kita tahu bahwa iklan dengan jumlah click
tinggi akan lebih sering ditampilkan pada hasi pencarian Google. Namun
bagaimana apabila biaya yang kita miliki terbatas?
Jangan khawatir karena Anda dapat melakukan pengaturan
bidding biaya per click yang dihasilkan oleh SEM. Dengan begitu, meskipun biaya
terbatas, iklan yang ditampilkan akan tetap efisien.
Ya, setidaknya itulah penjelasan tentang apa itu search
engine marketing serta fungsi dan cara optimasinya.
0 Response to "Apa itu Search Engine Marketing? Inilah Ulasan Lengkapnya"
Post a Comment
Berkomentarlah yang baik dan sopan. Komentar SPAM akan di hapus. Tema berkomentar bebas tapi utamakan berkomentarlah sesuai postingan dan tentang template ini.