Apa Saja Metrics Penting yang Perlu Anda Track dari Blog?
4:30 PM
Add Comment
Ketika anda terjun ke dunia blogging, pelajarilah juga apa saja metrics
penting yang perlu anda track dari blog. Sebab, metrics ini bisa menjadi
patokan seberapa sukses kinerja anda dalam hal blogging.
Apabila hasilnya negatif, anda akan bisa melakukan evaluasi secepat
mungkin sehingga anda tidak akan mengalami kerugian yang besar. Apabila positif
pun, anda bisa menggunakan metrics ini sebagai batasan minimal terkait apa saja
yang perlu ditingkatkan dan apa yang perlu diperbaiki.
Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan dari blog untuk mengukur tingkat kesuksesan blog anda.
1. Jumlah Pengunjung
Jumlah pengunjung ini penting dilihat apabila anda masih belum
menemukan topik terbaik untuk menggaet pembaca. Pengunjung yang dilihat adalah
pengunjung rata-rata pada setiap bulan.
Jadi, setelah beberapa bulan menulis konten untuk blog, lihatlah
kurva pengunjung untuk masing-masing artikel yang telah diposting. Kemudian,
lakukan analisis terkait artikel mana yang selalu mendapat pengunjung terbanyak
setiap bulannya.
Apabila hasilnya berbeda untuk masing-masing bulan, cari taulah
mengapa di bulan tersebut artikel dengan tema A menjadi favorit dibanding
artikel dengan tema lain. Untuk mempermudah proses ini, anda bisa gunakan
Google Analytic yang mampu menganalisa masuknya user setiap harinya.
2. Sumber Pengunjung
Mengetahui dari mana asal pengunjungmu juga merupakan metrics
penting yang perlu anda track dari blog. Dengan begitu, anda bisa mencari cara
tentang bagaimana mengoptimalkan promosi pada sumber yang belum banyak dicari
orang.
Misalnya, sumber utama anda adalah sosial media dan sumber
pencarian organic anda sangat minim. Artinya, anda perlu melakukan evaluasi
mengapa artikel anda tidak banyak diklik orang melalui mesin pencari.
Hal tersebut bisa menghasilkan beberapa kemungkinan. Misalnya
artikel anda tidak memiliki konten yang bagus, atau jumlah katanya tidak
mencukupi jumlah kata minimal yang disarankan Google, atau
kemungkinan-kemungkinan lainnya.
Jika anda telah menginstal Gogle Analytic, bukalah Acquisition lalu
klik All traffic dan terakhir klik channels. Dari situ, anda akan tahu sumber
pengunjungnya berasal dari search engine, referral, iklan, email, sosial media,
atau lainnya.
3. Topik Paling Hits
Dari semua artikel yang pernah anda posting, analisis lah topik
mana saja yang paling banyak mendapat perhatian orang. Kemudian, gunakan topik
itu sebagai acuan untuk membuat keyword dengan topik yang masih sejenis.
Cara ini termasuk metrics penting yang perlu anda track dari blog
karena akan memudahkan anda untuk menganalisa preferensi pembaca terkait apa
yang ingin mereka baca di kemudian hari. Sebaliknya, anda juga bisa memperbaiki
sistematika penulisan artikel yang tidak banyak dibaca orang supaya menjadi artikel
yang hits juga.
4. Inbound Links
Jika website anda bagus, orang akan menjadikan URL anda sebagai
referensi blognya. Nah, referensi ini ada yang mencantumkan alamat website anda
di dalam website lain. itu lah yang disebut sebagai inbound links.
Melalui inbound links, SEO anda pasti akan meningkat dan pengunjung
juga akan terarahkan untuk mengunjungi blog anda. Jumlah inbound links sendiri
tidak terbatas. Semakin banyak inbound link, maka blog anda akan semakin terkenal.
Cara melihat apakah ada website yang mencantumkan alamat blog anda
di web lain adalah dengan mengunjungi Google Webmaster. Bukalah search traffic
lalu klik links to your site. Dari situ anda juga bisa melihat web mana yang
menyumbangkan banyak pengunjung pada blog anda.
5. Conversion Rate
Pada beberapa website, ada yang mengarahkan pengunjung untuk
melakukan sesuatu yang mereka mau. Misalnya untuk subscribe, daftar menjadi
anggota, log in, dan sebagainya.
Nah, tingkat keberhasilan tujuan blog untuk menyuruh orang secara
tidak langsung ini dapat dilihat dari conversion rate. Caranya adalah dengan
menggunakan Google analytic.
Anda harus membuat goal tentang apa yang anda ingin orang lakukan
di blog anda. Setelah itu, anda tinggal klik variabel apa saja yang ingin anda
tahu tentang keberhasilan goal tersebut pada menu report. Misalnya ingin tahu
lokasi asal dari mana subscriber terbanyak anda, atau hal lainnya.
Nah, semoga artikel ini bermanfaat dan semoga sukses dalam dunia
blogging. Sekian artikel mengenai metrics penting yang perlu anda track dari
blog.
0 Response to "Apa Saja Metrics Penting yang Perlu Anda Track dari Blog?"
Post a Comment
Berkomentarlah yang baik dan sopan. Komentar SPAM akan di hapus. Tema berkomentar bebas tapi utamakan berkomentarlah sesuai postingan dan tentang template ini.