Apa itu Brand Marketing? Inilah Pengertian, Manfaat dan Tujuannya


Bagi mereka yang baru pertama kali bergelut di dunia digital marketing, mungkin akan bertanya-tanya tentang apa itu brand marketing? Iya kan?

Secara garis besar, brand marketing merupakan sebuah identitas yang ada pada produk atau jasa yang ingin dipasarkan seseorang. Dengan brand inilah orang lain dapat lebih tertarik dan mengenal sebuah produk atau jasa.

Apabila dilihat sekilas, brand marketing memiliki dua kata dasar yakni brand dan marketing. Kedua hal ini sebenarnya saling berhubungan satu sama lain. 

Nah, untuk itulah sebelum mengulas tentang apa itu brand marketing, sebaiknya Anda mengetahui tentang pengertian masing-masing katanya.

Pengertian Brand

Apa itu Brand Marketing? Inilah Pengertian, Manfaat dan Tujuannya

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, brand merupakan sebuah identitas dari produk atau jasa. Identitas yang dimaksud di sini bukan hanya mencakup tentang logo atau merk, namun lebih dari itu.
Inilah yang terkadang banyak disalah artikan oleh sebagian orang. Tak sedikit mereka yang menganggap bahwa brand sama dengan logo. 

Tentu saja ini SALAH!

Hal ini karena brand dibutuhkan untuk bisnis dalam jangka panjang saja. Brand merupakan emosi pertama yang menghubungkan antara produsen dan konsumen melalui media produk. Intinya, ini adalah brand dapat dikatakan sebagai pengalaman berkesan konsumen saat pertama kali mencoba produk dari produsen. 

Lantas apa itu logo? Bukankah sama dengan brand?
Jawabannya adalah TIDAK!

Ini karena logo merupakan bentuk visual yang menjadi tanda pengalaman pertama konsumen yang berkesan dengan sebuah produk tertentu. Dengan adanya logo tersebut, maka brand sebuah usaha akan semakin dikenal dan mudah diingat.

Itulah sedikit pengertian dari brand dan perbedaannya dengan logo.

Kesimpulannya, brand memberikan manfaat emosional. Brand itu seperti cinta, yakni harus memunculkan kesan tak terlupakan saat pertemuan pertama.

Sudah paham, kan?

Tujuan Adanya Brand dalam Dunia Marketing
Jika diibaratkan, brand dan marketing adalah dua hal yang tak dapat dipisahkan. Brand merupakan kesan pertama yang sangat dibutuhkan dalam dunia pemasaran. Dengan kesan yang bagus, maka produk atau jasa apapun yang dipasarkan pun akan mudah dikelola produsen.

Untuk memahami lebih jauh tentang tujuan brand serta bagaimana cara mendapatkan tujuan tersebut, simak ulasan berikut ini.

Tujuan Brand, Seperti Apakah Itu?

Jadi tujuan utama brand adalah untuk menjalin sebuah keakraban antara produsen dan konsumen demi mendapatkan kesuksesan di pasar. Dengan kata lain, apabila konsumen mengenal betul tentang brand tertentu, maka kemungkinan konsumen akan membeli produk atau jasa dari brand tersebut akan semakin besar.

Lantas, Bagaimana Caranya?

Beberapa ahli digital marketing mengungkapkan salah satu cara untuk membangun sebuah brand adalah melalui iklan. Hal ini karena dengan memasang iklan, maka brand tersebut akan semakin dikenal masyarakat secara luas.

Para brander atau mereka yang memiliki brand berbicara tentang bagaimana pengakuan masyarakat dan seperti apa kesadaran konsumen tentang sebuah produk atau jasa. Ini dapat menjadi tolok ukur kesehatan sebuah bisnis yang dijalankan.

Pengertian Marketing

Dilihat dari katanya saja, marketing berarti pemasaran. Seperti halnya brand, marketing juga memiliki tujuan utama, yakni keberhasilan dalam hal penjualan produk atau jasa. 

Definisi dari marketing sendiri adalah upaya untuk memasarkan produk kepada konsumen dengan cara menunjukkan keunggulan sebuah produk yang akan dijual. Dengan begitu, maka konsumen akan tertarik dengan produk tersebut. 

Setidaknya itulah sedikit pengertian singkat dari marketing yang harus Anda ketahui.

Lantas, Apa yang Dimaksud dengan Brand Marketing?

Apabila dilihat dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa brand marketing adalah sebuah usaha penjualan yang dilakukan dengan cara pendekatan tepat kepada calon konsumen melalui brand.

Dengan kata lain, hubungan antara brand dan marketing tak dapat dipisahkan satu sama lain.
Adalah hal yang sia-sia apabila Anda hanya telah membangun citra baik pada konsumen tanpa diiringi dengan langkah pemasaran yang baik. Sebaliknya, pemasaran yang baik juga dipengaruhi oleh adanya tingkat keakraban masyarakat yang muncul dari sebuah brand.

Dari sini, apakah Anda sudah paham tentang apa itu brand marketing? 

Berbicara mengenai tujuan yang harus dicapai dengan brand marketing, setidaknya terdapat dua tujuan utama. Apa saja itu?

Pertama, produk atau jasa yang dipasarkan dapat memberikan prospek yang lebih dekat pada calon konsumen. Saat calon konsumen tersebut semakin berminat terhadap produk atau jasa, maka Anda harus dapat menariknya untuk membeli produk atau jasa tersebut.

Dalam hal ini, keahlian marketing sangat dibutuhkan.

Kedua, menuntut agar setiap upaya komunikasi pemasaran yang dilakukan benar-benar memiliki sebuah keunikan tersendiri daripada produk yang ditawarkan oleh marketing lainnya. 

Mengapa? Karena semakin unik dan bermanfaat sebuah produk atau jasa, maka akan semakin banyak pula pelanggan yang tertarik membelinya. 

Dengan begitu, maka bisnis yang dijalankan pun akan lebih mampu memikat konsumen dibandingkan dengan kompetitor yang lainnya. Ini adalah sebuah proses branding yang benar-benar tak boleh dilewatkan dalam tahap marketing.

Keuntungan Memiliki Brand Marketing

Berbicara mengenai brand marketing, tentu berbicara tentang keuntungan apa saja yang dapat diperoleh saat memerhatikan proses yang dibutuhkan tersebut.

Salah satu keuntungannya adalah sebuah bisnis memiliki identitas pasar.

Jadi apa yang dilihat oleh konsumen, baik produk ataupun jasa, akan tetap memiliki nilai dan citra baik yang konsisten bertahan baik untuk sekarang, besok, dan seterusnya.

Dengan begitu, maka kekuatan bisnis akan semakin berkembang. 

Untuk melakukan hal tersebut, tentu saja seorang pebisnis juga harus tetap memuaskan konsumen melalui brand marketing yang dilakukan.
Ya, setidaknya itulah sedikit gambaran singkat tentang apa itu brand marketing, semoga bermanfaat.

0 Response to "Apa itu Brand Marketing? Inilah Pengertian, Manfaat dan Tujuannya"

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Komentar SPAM akan di hapus. Tema berkomentar bebas tapi utamakan berkomentarlah sesuai postingan dan tentang template ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel