Apa itu Brand Marketing? Inilah Pengertian, Manfaat dan Tujuannya
4:05 PM
Add Comment
Bagi
mereka yang baru pertama kali bergelut di dunia digital marketing, mungkin akan
bertanya-tanya tentang apa itu brand marketing? Iya kan?
Secara
garis besar, brand marketing merupakan sebuah identitas yang ada pada produk
atau jasa yang ingin dipasarkan seseorang. Dengan brand inilah orang lain dapat
lebih tertarik dan mengenal sebuah produk atau jasa.
Apabila
dilihat sekilas, brand marketing memiliki dua kata dasar yakni brand dan
marketing. Kedua hal ini sebenarnya saling berhubungan satu sama lain.
Nah,
untuk itulah sebelum mengulas tentang apa itu brand marketing, sebaiknya Anda
mengetahui tentang pengertian masing-masing katanya.
Pengertian Brand
Seperti
yang dijelaskan sebelumnya, brand merupakan sebuah identitas dari produk atau
jasa. Identitas yang dimaksud di sini bukan hanya mencakup tentang logo atau
merk, namun lebih dari itu.
Inilah
yang terkadang banyak disalah artikan oleh sebagian orang. Tak sedikit mereka
yang menganggap bahwa brand sama dengan logo.
Tentu
saja ini SALAH!
Hal ini
karena brand dibutuhkan untuk bisnis dalam jangka panjang saja. Brand merupakan
emosi pertama yang menghubungkan antara produsen dan konsumen melalui media
produk. Intinya, ini adalah brand dapat dikatakan sebagai pengalaman berkesan
konsumen saat pertama kali mencoba produk dari produsen.
Lantas
apa itu logo? Bukankah sama dengan brand?
Jawabannya
adalah TIDAK!
Ini
karena logo merupakan bentuk visual yang menjadi tanda pengalaman pertama
konsumen yang berkesan dengan sebuah produk tertentu. Dengan adanya logo
tersebut, maka brand sebuah usaha akan semakin dikenal dan mudah diingat.
Itulah
sedikit pengertian dari brand dan perbedaannya dengan logo.
Kesimpulannya,
brand memberikan manfaat emosional. Brand itu seperti cinta, yakni harus
memunculkan kesan tak terlupakan saat pertemuan pertama.
Sudah
paham, kan?
Tujuan
Adanya Brand dalam Dunia Marketing
Jika
diibaratkan, brand dan marketing adalah dua hal yang tak dapat dipisahkan.
Brand merupakan kesan pertama yang sangat dibutuhkan dalam dunia pemasaran.
Dengan kesan yang bagus, maka produk atau jasa apapun yang dipasarkan pun akan
mudah dikelola produsen.
Untuk
memahami lebih jauh tentang tujuan brand serta bagaimana cara mendapatkan
tujuan tersebut, simak ulasan berikut ini.
Tujuan Brand, Seperti Apakah Itu?
Jadi
tujuan utama brand adalah untuk menjalin sebuah keakraban antara produsen dan
konsumen demi mendapatkan kesuksesan di pasar. Dengan kata lain, apabila
konsumen mengenal betul tentang brand tertentu, maka kemungkinan konsumen akan
membeli produk atau jasa dari brand tersebut akan semakin besar.
Lantas, Bagaimana Caranya?
Beberapa
ahli digital marketing mengungkapkan salah satu cara untuk membangun sebuah
brand adalah melalui iklan. Hal ini karena dengan memasang iklan, maka brand
tersebut akan semakin dikenal masyarakat secara luas.
Para
brander atau mereka yang memiliki brand berbicara tentang bagaimana pengakuan
masyarakat dan seperti apa kesadaran konsumen tentang sebuah produk atau jasa.
Ini dapat menjadi tolok ukur kesehatan sebuah bisnis yang dijalankan.
Pengertian Marketing
Dilihat
dari katanya saja, marketing berarti pemasaran. Seperti halnya brand, marketing
juga memiliki tujuan utama, yakni keberhasilan dalam hal penjualan produk atau
jasa.
Definisi
dari marketing sendiri adalah upaya untuk memasarkan produk kepada konsumen
dengan cara menunjukkan keunggulan sebuah produk yang akan dijual. Dengan
begitu, maka konsumen akan tertarik dengan produk tersebut.
Setidaknya
itulah sedikit pengertian singkat dari marketing yang harus Anda ketahui.
Lantas, Apa yang Dimaksud dengan Brand Marketing?
Apabila
dilihat dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa brand marketing adalah
sebuah usaha penjualan yang dilakukan dengan cara pendekatan tepat kepada calon
konsumen melalui brand.
Dengan
kata lain, hubungan antara brand dan marketing tak dapat dipisahkan satu sama
lain.
Adalah
hal yang sia-sia apabila Anda hanya telah membangun citra baik pada konsumen
tanpa diiringi dengan langkah pemasaran yang baik. Sebaliknya, pemasaran yang
baik juga dipengaruhi oleh adanya tingkat keakraban masyarakat yang muncul dari
sebuah brand.
Dari
sini, apakah Anda sudah paham tentang apa itu brand marketing?
Berbicara
mengenai tujuan yang harus dicapai dengan brand marketing, setidaknya terdapat
dua tujuan utama. Apa saja itu?
Pertama,
produk atau jasa yang dipasarkan dapat memberikan prospek yang lebih dekat pada
calon konsumen. Saat calon konsumen tersebut semakin berminat terhadap produk
atau jasa, maka Anda harus dapat menariknya untuk membeli produk atau jasa
tersebut.
Dalam hal
ini, keahlian marketing sangat dibutuhkan.
Kedua,
menuntut agar setiap upaya komunikasi pemasaran yang dilakukan benar-benar
memiliki sebuah keunikan tersendiri daripada produk yang ditawarkan oleh
marketing lainnya.
Mengapa?
Karena semakin unik dan bermanfaat sebuah produk atau jasa, maka akan semakin
banyak pula pelanggan yang tertarik membelinya.
Dengan
begitu, maka bisnis yang dijalankan pun akan lebih mampu memikat konsumen
dibandingkan dengan kompetitor yang lainnya. Ini adalah sebuah proses branding
yang benar-benar tak boleh dilewatkan dalam tahap marketing.
Keuntungan Memiliki Brand Marketing
Berbicara
mengenai brand marketing, tentu berbicara tentang keuntungan apa saja yang dapat
diperoleh saat memerhatikan proses yang dibutuhkan tersebut.
Salah
satu keuntungannya adalah sebuah bisnis memiliki identitas pasar.
Jadi apa
yang dilihat oleh konsumen, baik produk ataupun jasa, akan tetap memiliki nilai
dan citra baik yang konsisten bertahan baik untuk sekarang, besok, dan
seterusnya.
Dengan
begitu, maka kekuatan bisnis akan semakin berkembang.
Untuk
melakukan hal tersebut, tentu saja seorang pebisnis juga harus tetap memuaskan
konsumen melalui brand marketing yang dilakukan.
Ya, setidaknya
itulah sedikit gambaran singkat tentang apa itu brand marketing, semoga
bermanfaat.
0 Response to "Apa itu Brand Marketing? Inilah Pengertian, Manfaat dan Tujuannya"
Post a Comment
Berkomentarlah yang baik dan sopan. Komentar SPAM akan di hapus. Tema berkomentar bebas tapi utamakan berkomentarlah sesuai postingan dan tentang template ini.