Tentang SEO Offpage dan Cara Melakukan Optimasi Website


Jika Anda bergelut di dunia SEO, tentu Anda sudah paham Tentang SEO Offpage. Benar, kan?
Ya, ini karena SEO memiliki dua dasar yakni SEO On Page dan SEO Off Page.

SEO On Page merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas website melalui artikel yang memiliki unsur-unsur tertentu sehingga lebih mudah terindex oleh Google Search Engine. 

Beberapa unsur yang dimaksud adalah adanya title tag, meta description, URL, dan lain sebagainya.
Untuk SEO On Page, kami tidak akan mengulasnya secara detail.

Ulasan kali ini adalah tentang apa itu Off Page SEO. 

Jika SEO On Page berarti melakukan optimasi situs melalui unsur-unsur yang harus ada dalam sebuah tulisan website, maka SEO On Page adalah optimasi yang dilakukan di luar unsur-unsur tersebut. 

Jadi intinya adalah Anda melakukan optimasi dari luar website yang menuju pada sebuah website yang ingin dibangun. Sudah mengerti, kan?

Faktor-Faktor yang Terdapat dalam Off Page SEO

Tentang SEO Offpage dan Cara Melakukan Optimasi Website

Berbicara Tentang SEO Offpage, tentu juga harus mengetahui faktor apa saja yang terdapat di dalamnya. Hal ini karena layaknya On Page SEO, Off Page SEO pun memiliki unsur dan faktor yang harus diperhatikan agar langkah optimasi website dapat berjalan dengan lancar. Berikut adalah faktor-faktornya:

1. Backlink

Dalam dunia SEO Off Page, backlink memiliki peranan yang sangat penting dalam keberhasilan langkah optimasi SEO. Meski terdengar mudah, tak semua orang dapat melakukannya, terutama untuk mereka yang baru belajar di dunia SEO. 

Oh ya, backlink merupakan sebuah link yang mengarah pada tulisan lain di website Anda atau website yang dipercaya oleh Google.

Namun inti dari menggunakan backlink pada tulisan bukanlah seberapa banyak backlink yang Anda aplikasikan, namun seberapa efektif dan berkualitas backlink tersebut terhadap perkembangan situs.
Tak peduli apakah Anda mengaplikasikan puluhan, ratusan, bahkan ratusan ribu backlink, apabila baclink tersebut tidak efektif dan berkualitas, maka ini adalah hal yang sangat sia-sia. 

2. Media Sosial

Seperti yang kita tahu bahwa media sosial juga memiliki peran penting dalam langkah optimasi SEO. Bahkan pihak Google sendiri telah menekankan para praktisi SEO untuk menggunakan media sosial sebagai kunci tepat dalam membangun sebuah website. 

Saat ini, sudah terdapat banyak sekali media sosial yang dapat digunakan untuk berbagi link website seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan Google Plus. 

Semua contoh media sosial di atas memiliki banyak sekali pengguna sehingga efektif untuk meningkatkan traffic pengunjung ke halaman situs Anda. Cara mengaplikasikannya pun terbilang cukup mudah, Anda hanya perlu membagikan link situs yang sedang di bangun di media sosial atau pada grup/komunitas tertentu yang terdapat pada media sosial tersebut.

3. Menggunakan Jasa Pengiklan

Nah, apabila dua cara di atas adalah cara yang 100% gratis, maka cara ketiga ini membutuhkan uang.
Tak sedikit loh praktisi SEO yang juga menggunakan jasa pengiklan dalam rangka mengoptimasi sebuah situs tertentu. Sebagai informasi, ada banyak sekali iklan yang dapat digunakan untuk optimasi Off Page SEO.

Di antara banyaknya jenis iklan tersebut, Google Adwords menjadi salah satu pilihan tepat. Hal ini karena Google Adwods merupakan jasa pengiklan milik Google sehingga sangat cocok digunakan untuk optimasi SEO pada sebuah situs.

Sistem yang digunakan oleh Google Adwords adalah pay per click atau PPC sehingga nominal yang harus dibayarkan pun tergantung seberapa banyak iklan tersebut dikunjungi oleh pengguna internet.
Namun apabila Anda tak ingin menggunakan Google Adwords, Anda dapat memilih layanan pengiklan manual. Maksudnya mereka yang telah memiliki situs dengan ribuan bahkan puluhan ribu pengunjung setiap hari, dan membuka pemasangan banner untuk iklan. 

4. Tools SEO Google

Saat ini, terdapat berbagai macam tools SEO yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan situs kita. Google sendiri telah memberikan alternatif tools seperti Analytics, Websmaster, Adwords Keyword Planner, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

5. Share Gambar

Adapun cara optimasi lain Tentang SEO Offpage adalah dengan cara share gambar. Maksudnya Anda hanya perlu upload gambar yang disertai link menuju website Anda. Cara yang satu ini juga terbilang cukup ampuh untuk mendapatkan traffic pengunjung.

Ya, setidaknya itulah beberapa ulasan Tentang SEO Offpage serta faktor apa saja yang dapat dilakukan dalam langkah optimasi SEO.

0 Response to "Tentang SEO Offpage dan Cara Melakukan Optimasi Website"

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Komentar SPAM akan di hapus. Tema berkomentar bebas tapi utamakan berkomentarlah sesuai postingan dan tentang template ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel