Kuliah atau Kerja? Ini Solusinya

Kuliah atau Kerja? Ini Solusinya
Setiap tahun sekolah menengah atas (SMA) sederajat selalu meluluskan ratusan siswa. Disaat yang sama kampus-kampus membuka pendaftaran kuliah secara serentak. Bahkan tak jarang wadah kuliah membagi kedalam beberapa gelombang. Misalnya, pendaftaran kuliah gelombang pertama Universitas Mulawarman. Hari ini, banyak anak-anak SMA berpikir secara praktis. Misalnya, keinginan setelah lulus SMA yaitu kerja, dapat uang dan berumah tangga. Padahal semuanya tidak sesingkat itu. Tidak heran, banyak juga lulusan SMA/SMK kebingungan antara lanjut kuliah atau kerja. Kebingungan itu banyak justru membuat lulusan SMA jadi tidak bisa berbuat. Mari simak solusi berikut ini.

Kuliah Sambil Kerja

Saat ini, apa yang tidak mungkin dilakukan. Bahkan kuliah online pun bisa dikerjakan. Namun, dimaksud ini adalah kita kuliah tetap sambil bekerja. Emang bisa? Tentu sangat bisa. Yang menjadi perhatian utama adalah pilihan waktu kuliah. 

Umumnya dikampus menerapkan dua jenis model. Yaitu kuliah reguler dan kuliah khusus. Untuk yang reguler itu sendiri seperti mahasiswa pada umumnya lebih sering beraktivitas dikampus. Nah, untuk kita yang sudah terlanjut kerja saat lulus SMA. Tentu bisa kuliah. Silahkan mengambil model kuliah khusus. Namun sebelum fokus untuk kuliah sambil kerja. Kita harus mempertimbangkan beberapa hal:

Ijin Tempat Kerja

Ijin tempat kerja sangatlah penting. Jika kita memaksakan kuliah namun ditempat kerja melarang, jangan sampai dilakukan. Itu akan berdampak buruk. Kita harus melihat kondisi dahulu.

Waktu Efektif Kuliah

Antara kuliah sambil kerja yang penting juga melihat waktu. Bisa jadi ditempat kerja, kita mendapatkan tugas yang berat. Sehingga waktu untuk beristirahat juga belum maksimal. Belum lagi agenda lainnya. Oleh sebab itu pertimbangan ini juga harus dipikirkan.

Biaya Kuliah

Jangan sampai biaya kuliah lebih tinggi dibanding penghasilan kerja. Sebab, kamu akan kesulitan menutupi pembiayaan kuliah nantinya.

Terlepas dari semuanya, kuliah sambil kerja tidak menjadi masalah. Yang terpenting mempertimbangkan beberapa hal pokok diatas. Masa depan tentu akan disiapkan saat ini juga. Jika pun bekerja kita harus tetap fokus memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar.

0 Response to "Kuliah atau Kerja? Ini Solusinya"

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Komentar SPAM akan di hapus. Tema berkomentar bebas tapi utamakan berkomentarlah sesuai postingan dan tentang template ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel